Saturday, September 25, 2010

Danau Kelimutu

Kelimutu adalah  gunung berapi terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tepat lokasi gunung ini di desa pemogokan, Kecamatan Kelimutu, Ende. Gunung ini memiliki tiga kawah , dikenal sebagai Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna berbeda, yaitu merah, biru dan putih. Meski begitu, warna-warna yang selalu berubah dengan berlalunya waktu.

Kelimutu adalah  kombinasi dari kata "keli" yang berarti gunung dan  "mutu" yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan lokal, warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan yang sangat kuat dari alam.

danau tiwu  atau dalam tiga bagian  sesuai dengan warna - warna yang ada di danau. Danau Biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang-orang muda yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama hidupnya selalu melakukan kejahatan . Sedangkan danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.


Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume 1.292 juta meter kubik air. Batas antara dinding batu sempit danau adalah mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau dari kisaran 50 sampai 150 meter.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More