Sunday, September 19, 2010

Komodo National Park

Taman Nasional Komodo terletak di tengah kepulauan Indonesia, antara pulau Sumbawa dan Flores. Didirikan pada tahun 1980, awalnya tujuan utama Taman Nasional adalah untuk melestarikan unik naga Komodo (Varanus komodoensis) dan habitatnya. Namun, selama bertahun-tahun, tujuan untuk taman nasional ini telah diperluas untuk melindungi seluruh keanekaragaman hayati, baik darat dan laut. Pada tahun 1986, Taman dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia dan Manusia dan Biosphere Reserve oleh UNESCO, baik indikasi penting biologis Park.

Taman Nasional Komodo mencakup tiga pulau utama: Komodo, Rinca dan Padar serta beberapa pulau kecil menciptakan total luas permukaan (laut dan tanah) dari 1817km (ekstensi yang diusulkan akan membawa total luas permukaan sampai dengan 2.321 km2). Selain menjadi rumah bagi  Komodo, kerbau liar,babi hutan , rusa Timor dll. Selain itu, Taman termasuk salah satu lingkungan laut termasuk terumbu karang terkaya. Habitat ini pelabuhan lebih dari 1.000 spesies ikan, sekitar 260 spesies karang pembentuk terumbu, dan 70 jenis spons.  hiu, pari manta, setidaknya 14 spesies paus, lumba-lumba, dan kura-kura laut juga membuat Taman Nasional Komodo rumah mereka.


Di pulau ini, wisatawan dapat melihat hewan komodo yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang tubuhnya mencapai hingga 3,13 meter dan beratnya mencapai 165 kg. Wisatawan juga dapat menyaksikan berbagai aktivitas hewan langka ini, seperti perkawinan komodo yang terjadi antara bulan Mei hingga Agustus.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More